DAILY LIFE WITH GOD

Jan 2018
12
Mazmur 23:2-3
oleh: John Calvin
Diterjemahkan oleh: Tirza

Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang. Daud menuturkan bagaimana dengan berlimpahnya Tuhan memenuhi segala keperluannya. Sang Gembala surgawi tidak melupakan apapun yang dapat membuat Daud hidup bahagia di bawah perlindungan-Nya. Maka Daud membandingkan kelimpahan hal yang ia nikmati dalam hidup di masa kini dengan padang yang memiliki rumput berkelimpahan dan aliran air yang tenang; atau ia membandingkan berkat-berkat di dunia ini seperti kandang domba, sehingga ia tidak hanya diberi makan sampai puas di padang, tapi juga memiliki air minum dan keteduhan kandang yang menyejukkan dan menyegarkannya.

Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya (terjemahan lain: Ia memulihkan jiwaku). Gembala yang baik berkewajiban menghargai dombanya, dan merawat dan mendukung mereka ketika mereka sakit atau lemah. Daud menyatakan bahwa demikian juga Allah memperlakukannya. Memulihkan jiwa, atau pertobatan jiwa, memiliki arti yang sama dengan membuat baru, atau menjadi sembuh.

Jalan yang benar berarti jalan yang mudah dan datar.

Umat Allah tidak pernah tanpa Allah mereka. Ia memelihara mereka dengan kuasa-Nya, menyegarkan dan menghidupkan mereka, dan menghindarkan mereka dari segala sesuatu yang membahayakan mereka, dan mereka dapat berjalan pada jalan yang datar dan lurus. Daud tidak ingin memperhitungkan itu semua pada harga dirinya sendiri atau jasanya sendiri, maka ia menyatakan bahwa Allah mengaruniakan semua itu padanya oleh karena nama-Nya. Dan memang plihan-Nya pada kita untuk menjadi domba-Nya, dan pemeliharaan-Nya pada kita seperti seorang gembala, adalah berkat yang sepenuhnya keluar dari kebaikan-Nya yang bebas dan berdaulat.

JEJAK DEVOTION