DAILY LIFE WITH GOD

Oct 2017
12
Bertobat Bukanlah Hal yang Mudah
oleh: Thomas Brooks
Diterjemahkan oleh: Vinny

12 Oktober

Bertobat Bukanlah Hal yang Mudah

“Aku senantiasa bergumul dengan dosaku” Mazmur 51:5

Salah satu tipuan setan membujuk jiwa adalah bahwa pertobatan merupakan hal yang mudah. ‘Mengapa tidak! Seandainya engkau berbuat dosa,’ kata setan, ‘tidak sulit untuk kembali, mengaku, minta ampun dan berteriak, “Tuhan, kasihanilah daku", maka Allah akan mengampuni dosamu dan menyelamatkan jiwamu.’ Akan tetapi pertobatan adalah pekerjaan yang besar dan sulit, suatu karya di luar kesanggupan kita. Meluluhkan hati mungkin dapat disamakan dengan meluluhkan batu cadas yang keras. Pertobatan merupakan bunga yang tidak mungkin tumbuh di taman alami. Tidak ada kesanggupan manusia untuk bertobat dengan mudah. Bertobat merupakan satu tindakan berbalik dari kegelapan kepada terang. Hal ini mempengaruhi keseluruhan hati dan hidup pendosa. Merubah hati dari pengaruh kuasa dosa kepada kuasa Allah.

Setiap dosa menyerang kehormatan Allah, keberadaan Allah, kemuliaan Allah, hati Kristus, sukacita Roh Kudus, dan kedamaian hati nurani manusia. Petobat sejati menggempur, membenci, dan berupaya keras menyalibkan semua dosa. Raja Saul tidak menyisakan kecuali satu Agag, dan hal itu harus dibayar 2dengan nyawa dan kerajaannya (1Sam. 15:9).

Pertobatan juga merupakan perubahan ke arah semua yang baik. Daud memenuhi semua kehendak Allah. Pertobatan melihat keberdosaan dosa, dan begitu berlawanan dengan Allah yang mulia. Allah adalah terang, dosa adalah kegelapan; Allah adalah kehidupan, dosa adalah kematian; Allah adalah sorga, dan dosa adalah neraka; Allah adalah keindahan, dan dosa adalah pembusukan.

Pertobatan sejati memahami beratnya pelanggaran dosa yang jahat. Dosa melempar malaikat keluar dari sorga, dan Adam keluar dari taman Eden. Dosa meletakkan batu penjuru pertama di neraka, dan membawa masuk semua kutukan, salib, dan malapetaka di seluruh dunia. Dosalah yang menyebabkan manusia tanpa Allah, tanpa Kristus, tanpa harapan, dan tanpa sorga.

Pertobatan meremukkan hati dengan rintihan, sedu sedan dan erangan, oleh karena dosa, Allah Bapa yang penuh kasih direndahkan, Juruselamat yang mulia kembali disalibkan, menyakiti hati dan mendukakan Roh Kudus, sang Penghibur sejati. Oh kiranya anda cukup berhikmat untuk membuang dosa-dosa anda melalui pertobatan yang tepat waktu!

Diterjemahkan dari buku “Voices From The Past” dengan cuplikan tulisan Thomas Brooks (1608-1680), Works, I:31-38

Pembacaan Alkitab  Dalam Setahun: Mar. 8:22-30; Mat. 16:13-20; Luk. 9:18-20; Mar. 8:31–9:1; Mat. 16:21-28; Luk. 9:21-27; Mar. 9:2-13; Mat. 17:1-13; Luk. 9:28-36

JEJAK DEVOTION